Kejahatan Dunia Maya; Ayo, ‘Selamatkan Diri’ di Facebook

Pernahkah Anda googling (melakukan pencarian dengan mesin pencari Google) terhadap diri Anda sendiri? Kalau Anda punya akun Facebook atau jejaring sosial lain seperti LinkdIn atau Twitter, kemungkinan Anda untuk menemukan diri Anda sendiri sangat besar. Pasalnya, situs media sosial tersebut juga diindeks oleh mesin pencari seperti Google, meskipun apa dan bagaimana data ditampilkan oleh Google bergantung dengan opsi serta fasilitas yang dimiliki situs media sosial bersangkutan. Artinya, apapun yang Anda post di Facebook misalnya, update status, foto, komentar, dan lain-lain, akan bisa dilihat oleh semua pengguna internet dari seluruh penjuru dunia. Dengan semakin banyaknya divisi HRD yang memanfaatkan Google untuk melakukan pencarian terhadap calon karyawannya, Anda mungkin akan terekspos lebih banyak lagi meskipun padahal hal tertentu ingin Anda sembunyikan dari mereka. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Seperti VIVAnews kabarkan sebelumnya, Facebook baru-baru ini melakukan perbaikan dari sisi privasi pengguna. Jika Anda ingin sedikit menutupi diri Anda dari dunia luar, atau orang lain yang tidak Anda kenal, coba ikuti langkah berikut:

· Dari menu utama Facebook, klik Settings > Privacy Settings

· Di menu Privacy Settings, klik ops Profile Information. Di sini Anda bisa mengontrol siapa saja yang bisa melihat profil Anda, menulis di Wall Anda, dan sebagainya.

· Pada opsi Contact Information, atur siapa yang bisa menghubungi Anda lewat Facebook. Atur juga siapa yang bisa melihat alamat atau nomor telepon Anda, atau siapa yang bisa menambahkan Anda sebagai teman.

· Di bagian Applications and Websites, kontrol informasi apa yang bisa digunakan oleh aplikasi-aplikasi di Facebook. Anda juga bisa memblokir aplikasi tertentu bila Anda merasa terganggu dengan aplikasi tersebut.

· Pada opsi Search, Anda bisa atur apa yang dimunculkan oleh Facebook saat ada pengguna internet yang melakukan pencarian terhadap Anda.

· Terakhir, di bagian Block List, Anda bisa pilih orang-orang menyebalkan yang ingin Anda hindari. Masukkan nama atau alamat email orang tersebut di Facebook.

Dengan mengutak-atik opsi-opsi tersebut di Atas, maka Anda bisa lebih berkuasa atas data-data pribadi Anda. Selamat berinteraksi.

Sumber: vivanews.com

Comments :

0 comments to “Kejahatan Dunia Maya; Ayo, ‘Selamatkan Diri’ di Facebook”

Post a Comment