Software Pengaman untuk Twitter

Popularitas Twitter ataupun Facebook yang melejit belakangan ini tak lepas dari perhatian dan ancaman para hacker. Hal ini merangsang inisiatif seorang peneliti dari Israeli Security untuk menciptakan sejenis software update pengamanan (security vulnerability) untuk pengguna Twitter. Aviv Raff, peneliti tersebut, berencana untuk mempublikasikan software pengamanan Twitter yang diupdate setiap hari selama Juli mendatang. Karena, disinyalirnya pada bulan tersebut para hacker akan menyerang Twitter lebih gencar. “Nantinya, akan saya publikasikan segala update software pengaman terbaru Twitter melalui website twitpwn.com,” kata Raff dalam blognya, seperti VIVAnews kutip dari InformationWeek, 16 Juni 2009. “Ketika para hacker mulai menyarangkan varian-varian worm baru ke Twitter melalui celah tertentu, setidak-tidaknya kurang dari 24 jam saya akan publikasikan obatnya,” kata Raff, yang menganggap update harian tersebut sebetulnya sudah lebih dari cukup.
Sekadar diketahui, Raff merupakan peserta event inisiatif bertajuk “Month of Browser Bugs” pada Juli tiga tahun silam. Event tersebut dimaksudkan untuk merangsang perhatian publik terhadap ancaman pada browser Internet. Juli tahun ini, ia berambisi untuk memperlakukan hal yang sama pada Twitter melalui “Month of Twitter Bugs.”

Dalam posting blog sebelumnya, Raff memaparkan masalah pengamanan Twitter yang paling signifikan terletak pada API (application programming interface)-nya, yang sangat berpotensi menjadi wadah worm-worm baru. Mei silam, ia baru saja menciptakan sebuah kode untuk membendung serangan pada website twitpic.com, yang menggunakan Twitter API. Tak hanya itu, kekhawatiran Raff dilatarbelakangi bertambah terusnya masalah keamanan yang dirundung Twitter. April lalu, diketahui worm Twitter yang dibuat oleh bocah 17 tahun telah 'mematikan' 190 akun dan menghasilkan sekitar 10.000 tweet spam. Lebih ironis, Maret lalu, sekitar 750 akun Twitter di-hack dengan cybersquatting dan digunakan untuk mengirimkan spam. Ketika itu, reaksi Twitter yang diwakili salah satu pendirinya, Biz Stone mengatakan, pihaknya akan segera mengaudit sekaligus mengembangkan layanan pengamanan tambahan. Namun, sampai saat ini belum ada tindak lanjut apa-apa dari pengelola situs mikroblog yang berusia tiga tahun itu.

Sumber: vivanews.com

Comments :

0 comments to “Software Pengaman untuk Twitter”

Post a Comment